3 Jenis Atap Rumah Terbaru yang Cocok untuk Berbagai Macam Bangunan

3 Jenis Atap Rumah Terbaru yang Cocok untuk Berbagai Macam Bangunan

Anda sedang membangun rumah, atau ingin suasana baru dengan mengganti atap rumah Anda yang semula terbuat dari genteng tanah liat? Genteng tanah liat memang cocok untuk rumah-rumah di Indonesia yang beriklim tropis. Tapi, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai jenis atap rumah terbaru. Berikut 3 di antaranya yang direkomendasikan.

1. Atap Awning
Anda pernah melihat etalase toko mainan dan boneka di luar negeri? Nah, biasanya atap jenis ini digunakan untuk melindungi kaca etalasenya dari panas dan percikan hujan. Selain itu, beberapa kafe juga menerapkannya untuk diletakkan di atas pintu dan jendelanya.

Atap awning terbuat dari kain yang umumnya memiliki motif garis-garis memanjang dan dipasang dengan rangka besi sehingga mudah untuk dibongkar pasang. Selain itu, bentuk dan warna yang cerah membuat orang akan tertarik untuk masuk ke dalam toko. Tapi, Anda juga bisa menerapkannya di teras atau jendela kamar anak Anda agar terlihat semakin cantik.

2. Atap Kanopi
 Atap Kanopi
Atap jenis ini cocok untuk rumah tanpa garasi tertutup karena biasanya diterapkan dengan teras yang diperuntukkan sebagai car port (garasi mobil) terbuka. Harganya murah dan awet puluhan tahun. Sayangnya, bahan yang digunakan bisa menimbulkan bunyi yang cukup ramai saat hujan turun, seperti halnya jika Anda memasang atap dari seng.

Bahannya berwarna, umumnya warna pastel hingga warna-warna tua. Nah, agar halaman atau teras Anda tidak meninggalkan kesan gelap, sebaiknya buat ventilasi ruang tamu dengan ukuran sedikit lebih besar. Alternatif lainnya yaitu dengan menerapkan cat warna cerah pada dinding luar rumah Anda.

Baca juga:


3. Atap Sirap
Atap berikutnya yaitu sirap yan terbuat dari bahan dasar kayu sehingga cocok untuk dikombinasikan dengan rumah kayu atau rumah bergaya adat seperti rumah joglo. Penampakan dari luar akan terlihat seperti kumpulan kayu berbentuk eksagonal. Sederhana tapi sangat elegan!

Jadi, jika Anda ingin menampilkan kesan rumah yang sederhana tapi elegan dan anggun, atap ini sangat direkomendasikan. Tidak seperti atap seng, atap ini tidak menyerap panas sehingga penghuni di dalamnya akan tetap merasa sejuk.

Selain bangunan utama rumah, atap sirap bisa diterapkan di pendopo kecamatan, balai desa, atau balai kota, gazebo, sampai rumah adat Minangkabau. Sayangnya, atap ini agak sulit didapat dan perlu perawatan intensif agar tidak mudah lapuk terkena hujan atau rayap.

Atap rumah terbaru lainnya yang bisa Anda coba adalah atap genteng yang terbuat dari beton, metal, sampai keramik. Dengan mencobanya masing-masing setelah atap rumah Anda rusak, maka Anda bisa memastikan atap yang benar-benar cocok untuk bangunan utama, gazebo, atau teras rumah Anda. Selamat bereksplorasi!